Kompas Perangkat Navigasi Arah dan Medan

| April 12, 2015 | 1 Comment

Kompas

Untuk mengenali sebuah medan yang sama sekali belum pernah kita jangkau maka alternatif untuk mengatasinya adalah menggunakan kompas. Kompas adalah peralatan navigasi yang biasa digunakan untuk menentukan arah mata angin. Kalau dibuka isi kompas maka komponen utamanya adalah jarum magnet. Banyak sekali ragam kompas. Dari yang hanya kecil sebesar kancing baju dan hanya bisa memberikan arah Utara dan Selatan sampai kompas yang besar dan mahal yang bia menunjukkan derajad posisi. Jarum kompas yang berisi magnet ini sebenarnya sederhana sekali konsepnya. Jarum U kompas akan menunjukkan S magnet bumi dan sebaliknya jarum S kompas akan menunjukkan U magnet bumi. Hal ini disebabkan karena konsep kerja magnet yang saling tarik menarik pada kutub yang berbeda dan tolak menolak pada kutub yang sama. Jadi konsep kerja kompas akan bekerja sesuai arah kutub U dan S bumi.

Dahulu banyak sekali para pedagang dan musafir yang menggunakan bintang sebagai nafigasinya, namun dengan menggunakan kompas maka akan jauh lebih akurat untuk digunakan.
Penemuan bahwa jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.

Lokasi magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.
Ada 2 macam kompas. Kompas analog adalah kompas yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kompas yang dipakai ketika acara pramuka. Sedangkan kompas digital merupakan kompas yang telah menggunakan proses digitalisasi. Dengan kata lain cara kerja kompas ini menggunakan komputerisasi.

Tags: , , , , , , , ,

Category: Teknologi

About the Author ()

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

Sites That Link to this Post

  1. Ray Ban Sunglasses | October 8, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme