Pemkab Sleman Masukan Pelajaran Lalu Lintas Dalam Kurikulum

| November 25, 2016 | 0 Comments

Pemkab Sleman Masukan Pelajaran Lalu Lintas Dalam Kurikulum

SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, DIY, mulai tahun ini memasukkan pelajaran etika berlalu lintas dalam kurikulum pendidikan mulai SD hingga SMA/SMK. Namun, kurikulum itu baru diterapkan bagi sekolah di kawasan urban, seperti di Kecamatan Depok, Godean, Sleman, Ngaglik, dan Gamping.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Sleman, Arif Haryono, mengatakan, dari 90 sekolah SMA dan SMK, wajib menerapkan kurikulum baru tersebut.Sementara dari 506 SD, untuk tahap awal diterapkan kepada 70 sekolah, kemudian dari 54 SMP hanya separuhnya yang mengajarkan kurikulum itu.
“Materi etika lalu lintas nanti akan diampu guru yang telah mendapat pelatihan di tingkat provinsi dan mendiseminasikan ke sekolah-sekolah,” paparnya.
Arif menjelaskan pembelajaran tersebut dinilai penting mengingat potensi kerawanan lalu lintas terus bertambah. Untuk itu perlu dilakukan edukasi secara masif terhadap anak sejak usia dini. Meski beberapa sekolah sudah memberlakukan aturan ketat pelarangan penggunaan kendaraan bermotor, namun masih dijumpai siswa berkendara.
“Selain itu, banyak murid yang mengakali peraturan itu dengan menaruh sepeda motornya di lingkungan dekat sekolah. Sehingga permasalahan ini dilematis. Untuk itu, kami masih mencari langkah penertiban yang efektif,” janjinya.
Dia menambahkan, selain menyarankan orangtua atau wali mengantar murid ke sekolah, untuk antisipasi pelanggaran, siswa juga diimbau memanfaatkan sarana transportasi umum. Namun di satu sisi, upaya ini juga belum optimal karena masih ada beberapa daerah yang tidak memiliki angkutan umum memadai.
Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Sleman, Sofyan Setya Darmawan, menyambut baik langkah Pemkab Sleman tersebut. Agar kebijakan tersebut berjalan sesuai harapan, maka harus ada pengawasan dan pembinaan yang tegas, terutama kepada yang kerap melakukan pelanggaran. (*)

Tags: , , , , , , , , ,

Category: Pendidikan

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme