Siswi Kreatif Ini Sulap Minyak Jelantah Jadi Sabun Mandi

| November 25, 2016 | 0 Comments

Merubah Jelantah Menjadi Sabun

SEMARANG – Limbah minyak goreng atau minyak jelantah memang tidak sehat jika digunakan untuk memasak. Ditangan tiga siswi SMA Kebondalem ini, minyak jelantah tersebut tetap bisa digunakan, bukan untuk memasak, namun diolah menjadi sabun mandi batangan.
Ialah Angelia Qalista, Natalia Dwi, dan Melina Justine yang merupakan siswa kelas XI IPA. “Awalnya memang melihat banyaknya limbah minyak goreng dirumah, karena mamah selalu membuang minyak jelantah, saya merasa sayang namun jika digunakan untuk memasak kan tidak sehat, lalu cari-cari bisa diolah jadi apa,” terang Natalia. Ditemui dalam kegiatan Research Camp yang diselenggarakan sekolahnya, ia sempat mempraktikan cara membuat sabun tersebut secara langsung.
Mulanya ia menyaring minyak jelantah dengan saringan kertas, setelah itu hasilnya ia campurkan dengan arang aktif. “Komposisinya lima puluh mililiter minyak denga tiga sendok makan arang aktif kemudian dicampur dan disaring lagi dengan kertas hasilnya dicampur dengan cairan basa NaOH dan kemudian dipanaskan dalam suhu 50 derajat celcius selama lima belas menit,”
Endapan hasil proses merebus yang berwarna putih nantinya yang akan dipadatkan dengan natrosol dan diberi tetesan bibit minyak wangi sebagai pengharum sabun.
Proses pemadatannya cukup didinginkan dalam cetakan selama sepuluh menit.
“Sabun ini sudah kami lakukan cek laboratorium dan memiliki Ph atau derajat keasaman diangka delapan, kebanyakan sabun mandi Ph nya berada di angka 7 hingga 10, jika lebih dari itu akan menjadi detergen,” pungkas Natalia. #rival almanaf

Tags: , , , , , , , , , ,

Category: Teknologi

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme