Metode Pembelajaran Yang Bisa Diberlakukan Danam Home Schooling

| November 30, 2016 | 0 Comments

homskul

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh HSKS ialah pendekatan kepada peserta didik yang lebih konstruktif, aktif, tematik, dan sangat konstektual dalam belajar, juga menerapkan kemandirian melalui penekanan kecakapan hidup dan terampil saat memecahkan masalah-masalah. Tidak terlalu mengedepankan dengan akademik, karena itulah pembelajaran di Homeschooling Kak Seto (HSKS) sangat menyenangkan dengan proses yang nyaman dan efesien.

Lain lagi cerita Homeschooling Cendekia (HSC). HSC seperti dikutip dari laman HSC www.cendekiahomeschooling.com merupakan sebuah institusi pendidikan alternatif yang senantiasa memperhatikan hak anak atas pendidikan. Dengan dibantu Tutor dari berbagai bidang disiplin ilmu Universitas terkemuka di Yogyakarta dan sekitarnya.

Sejak didirikan pada 2010, Cendekia yang bermarkas di Jalan Water kilometer 5, Gamping, Sleman, Yogyakarta, telah memiliki 25 siswa dari jenjang SD hingga SMA dan terus bertambah. Anak didik Cendekia dapat menentukan model dan lokasi belajar, di rumah sendiri atau berkelompok.

Materi belajar yang diberikan disesuaikan dengan kurikulum resmi yang diujikan secara nasional, dengan tenaga pengajar 19 orang. Cendekia juga menyediakan guru khusus untuk siswa dengan kebutuhan khusus pula. Misalnya mereka yang menderita autisme atau gejala mental lainnya.

Untuk segala fasilitas ini, Cendekia memasok biaya Rp 75.000 untuk tingkat SD-SMP dan Rp 100.000 untuk SMA setiap satu kali pertemuan privat. Dalam sebulan, ditetapkan 12 kali pertemuan. Untuk kelas komunitas, biayanya tergantung banyaknya peserta, tapi rata-rata mencapai Rp 600.000 per bulan.

Berbeda dengan Siswa Homeschooling Primagama (HSPG) bisa memilih salah satu dari sistem tersebut. Hal ini memungkinkan dilaksanakan karena Homeschooling Primagama memiliki beberapa Sekolah Payung (Umbrella School) yang bisa menaungi mereka di pendidikan Formal, dan juga bekerjasama dengan Center of Cambridge yang memungkinkan siswa ujian dalam standar internasional

Untuk Program Internasional, siswa bisa mengikuti sertifikasi dalam Cambridge International Examination yang terdiri dari level: International Certificate of Secondary Education (IGCSE), General Certificate of Education Ordinary Level (GCE O Level), General Certificate of Education Advanced Subsidiary and Advanced Level (GCE AS & A Level)

HSPG menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diolah menjadi GBPP Primagama. Mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa adalah mata pelajaran yang diberikan di sekolah sesuai jenjang/kelasnya.(*)

Tags: , , , , , , , , ,

Category: Pendidikan

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme