Kuliah sudah berpenghasilan Jutaan Rupiah, Siapa Takut !

| December 12, 2016 | 0 Comments

httpwartabengawan

“Terkadang dalam tiga hari saya hanya tidur satu jam” demikian perbincangan APTIKOMNews dengan Rizka Reza Pahlevi, mahasiswa semester 7 Telkom University seusai menyampaikan materi tentang IoT (Internet of Things) pada acara seminar Expo Rasio Technology ke-1 tahun 2016 di BCP Bekasi.

Ketika di tanya, berapa penghasilan dalam sebulan dan bagaimana cara memperoleh penghasilan tersebut, Rizka menjawab “penghasilan saya per minggu, kadang bisa dapat 2 juta, kadang 1,5 juta, saya menjual komponen IoT ke komunitas IoT yang sudah lama di bangun jejaringnya serta ke laboratorium elektro di kampus-kampus. Ketika ada order masuk via gadget dari komunitas IoT dan Laboratorium untuk praktek atau membuat rangkaian IoT maka saya tinggal hubungi grosir link saya yang langsung ambil dari pabriknya di China”.

Masih mahasiswa akan tetapi sudah memiliki penghasilan adalah style para mahasiswa era generasi Z yang akrab dengan dunia .NET. Fakta tentang mahasiswa yang kuliah tetapi biaya kuliahnya tidak pernah meminta kepada orang tua sudah lazim dan jumlahnya semakin banyak. Beragam cara yang dapat di lakukan untuk memperoleh penghasilan sambil kuliah, contoh lain, sebut Fajar, memperoleh penghasilan dengan cara menyewakan motor untuk para mahasiswa di lingkungan kampusnya. “Saya punya 5 motor, setiap hari di sewakan, biasanya akan habis di sewa semua jika akhir pekan, lumayan dalam sebulan saya dapat mengantongi 3,5 sampai 4 juta”.

Seminar Expo Rasio Techno ke-1 2016 di gelar berkat kerjasama Rumah Singgah dan STMIK Bina Insani menghadirkan pembicara Dr. Dr.Widyo Winarso dari Ditjen Kelembagaan Kemenristekdikti, Dr. Djadja Sardjana dari ComLabs ITB, Ketua STMIK DCI Tasikmalaya, Dr. Firman Oktora,S.Si.,M.Pd. Ketua AGITIKNAS, Solikin,S.Si.,MT. Direktur Eksekutif APTIKOM yang juga Ketua STMIK Bina Insani, Lucky Mankey,SE.,M.Kom.Kepala SI, Web dan Infrastuktur APTIKOM, Yudi Permana, Dir.Anfo, dan Rizka Reza Pahlevi dari Komunitas IoT Mahasiswa Telkom University.

Berbicara penghasilan mahasiswa, kuliah sambil bisnis, di salah satu kampus tercatat ada 14 mahasiswa yang rata-rata penghasilan per bulanya di atas $1000 bahkan ada yang sampai $3855 atau sekitar 50 juta. Kuliah sudah berpenghasilan jutaan rupiah, siapa takut !.(Sol’s)

Tags: , , , , , , , , , ,

Category: Seminar dan Workshop

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme