KemenKomINfo Berikan 40 Ribu Domain Gratis Untuk Masyarakat Indonesia

| May 5, 2017 | 0 Comments

Satu Juta Domain

Jakarta – Kominfo akan memberikan bantuan bagi Desa, Sekolah, komunitas desa, Pesantren dan UKM sebanyak 40 ribu domain. Sasarannya adalah website dengan domain .id. Dalam pembangunan website para penerima bantuan akan didampingi oleh seorang fasilitator yang ditunjuk oleh KOMINFO. Fasilitator sebelumnya sudah di TOT dan ada sekitar 25 fasilitator setiap propinsinya. Jadi 1 lokasi logikanya harus mampu menjaring 2000 penerima bantuan domain / hosting. Atau 1 fasilitator hasilkan 80 web berkonten. Perlu diketahui fasilitator bukan hanya dari Relarwan TIK. Tapi penyedia hosting juga boleh menunjuk fasilitator. Ada 24 penyedia hosting yang terdaftar di Kominfo.
Tugas Fasilitator secara sederhana yaitu Mendampingi penerima domain. Mendampingi meliputi Memandu pengisian formulir bantuan domain. Melakukan seleksi dan verifikasi. Membantu membuat konten minimal website dan Mendaftarkan usulan domain. Secara umum website yang dibangun berisi profil dan aktivitasnya. Bantuan ini juga tidak menutup kemungkinan pada sekolah / pesantren / komunitas / desa / umkm yang sudah memiliki website namun belum berdomain .id. Jadi apabila ada sekolah / pesantren / komunitas / desa / umkm yg sudah memiliki website namun belum berdomain .id bs dijadikan target penerima bantuan domain ini. Pelaksanaan dilakukan di 20 lokasi di 16 provinsi di Indonesia.
Secara spesifik kota – kota utama yaitu Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Pekalongan, Majalengka, Aceh, Medan, Palembang / Banyuasin, Padang, Lampung, Pontianak, Manado, Makassar, Bali, Mataram, Banjarmasin, Bandung Serta dimungkinkan untuk kota – kota disekitar kota – kota utama tersebut.

Tags: , , , , , , , , , ,

Category: Teknologi

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme