Gelar Guru Bangsa untuk SBY dari Universitas Moestopo (Beragama)

| April 16, 2015 | 0 Comments

Geelar SBY

PacitanNews – Satu lagi gelar untuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden Indonesia ke-6 itu mendapatkan gelar kehormatan guru bangsa dari Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta.

Pengukuhan gelar itu dilaksanakan hari ini (16/4) bersamaan dengan pagelaran wisuda.

SBY datang bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II. Diantaranya mantan Mendikbud Mohammad Nuh, mantan Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan mantan Menteri Koperasi UMKM Syarief Hasan.

Petikan amanat pengukuhan gelar kehormatan guru bangsa itu disampaikan Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas Moestopo Prof Johanes Basuki.

“Pak SBY juga menjadi warga kehormatan. Sehingga beliau memiliki kedudukan terhormat dan mulia di kampus kita,” ujarnya.

Johanes menyebut predikat sebagai guru bangsa memiliki banyak kriteria. Seperti, pengetahuan dan wawasan yang luas kemudian, sumber pencerahan, tempat mencari solusi, dan nasihat. Semua kriteria itu melingkupi masyarakat nasional maupun internasional.

Johannes juga menyebut salah satu keunggulan SBY adalah sering menciptakan lagu. “Lagu-lagu ciptaan Pak SBY inspiratif,” ujarnya. Lagunya banyak yang bermuatan kasih sayang, kerukunan, cinta tanah air, berpolitik yang santun, dan mencintai lingkungan.

Setelah menerima piagam tanda kehormatan, SBY lantas menyampaikan kuliah umum tentang kesiapan Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dan peran perguruan tinggi.

“Saya menyampaikan kuliah umum ini dengan bahasa populer. Sehingga bisa dimengerti semua orang,” kata SBY.

SBY mengatakan memang benar MEA dimulai per 31 Desember 2015 nanti tapi, bukan berarti semua aspek di Indonesia itu harus siap pada akhir Desember nanti. Dia menyebut 31 Desember adalah tonggak bersejarah.

“Untuk melakukan perubahan sesuai kerangka MEA butuh waktu,” ucapnya.

Terkait gelar kehormatan yang dia terima, SBY mengatakan terima kasih. Kemudian dia berharap gelar yang dia terima bisa menjadi motivasi anak bangsa untuk terus berkontribusi membangun bangsa

Tags: , , , , , , , , , , ,

Category: Pendidikan

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IndoStore Theme