by

Apakah Tujuan Pendidikan Tinggi Indonesia

APTIKOMNews, Jakarta, 3/03. Apakah ingin Menghasilkan manusia siap pakai?, Menghasilkan profesional siap kerja?,  Menghasilkan entrepreneur siap wiraswasta?, Menghasilkan ilmu-ilmu dasar baru?,  Menghasilkan ragam ilmu terapan inovatif?, Menghasilkan karya-karya teknologi tepat guna?, Menghasilkan manusia cerdas yang kreatif?, Menghasilkan insan berakhlak mulia?, atau APA ?.

Demikian, pertanyaan yang diajukan Dewan Pembina APTIKOM Prof.Dr. Ir. R.Eko Indrajit, M.Sc.,MBA.,Mphil.,MBA. Sebagai pembicara kedua pada acara Seminar Nasional Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang di selenggarakan oleh APTIKOM di Auditorium Gedung baru Fasilkom UI pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Pada paparannya, Eko (sapaan akrab) menyampaikan materi dengan judul “MERDEKA Belajar, Kampus MERDEKA”.

Lebih lanjut Eko menegaskan, “apakah perguruan tinggi anggota Aptikom akan menghasilkan lulusan dengan profil seperti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut ? sudah barang tentu jawabannya tidak, karena hanya manusia super yang dapat menguasai semua hal tersebut diatas”.

Apakah tujuan perguruan tinggi Indonesia?, Setiap kampus BEBAS, memilih tujuannya?, Apakah garansi tujuan pendidikan tinggi tercapai?. Untuk hal ini Eko mengilustrasikan seperti Layaknya pertandingan tinju, semua kelas dipenuhi oleh para petarung yang handal; Indonesia adalah negara yang sangat heterogen, dengan kebutuhan dan masalah yang heterogen, sehingga dibutuhkan solusi yang heterogen; Setiap kampus dapat menjadi jawaban terhadap satu atau beberapa kebutuhan pemecahan masalah yang heterogen tersebut. Postur dan karakteristik kampus dirancang untuk fokus pada target yang dipilih dan ditetapkan; Evaluasi terhadapnya dilakukan dengan instrumen yang tepat dan sesuai.

Bagaimana perguruan dan pendidikan tinggi berkontribusi terhadap tujuan negara Indonesia?, Tanya Eko, yaitu  Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia ini di artika sebagai mandiri kebutuhan pokok, sehat jiwaraga, aman berkehidupan ; Memajukan Kesejahteraan Umum ini di artikan sebagai sejahtera ekonomi, kesempatan kerja; Mencerdaskan Kehidupan Bangsa ini diartikan sebagai pintar dan berdaya saing; Melaksanakan Ketertiban Dunia yang Berdasar Perdamai an Abadi dan Keadilan Sosial ini di artikan sebagai peran global.

Sementara itu, menurut Eko, Hasil keluaran dari perguruan tinggi adalah Manusia profesional: dilahirkan setiap kali wisuda dilaksanakan, Ilmu pengetahuan: dilahirkan mahasiswa selama proses pembelajaran hingga tugas akhir, dan oleh dosen selama kampus beroperasi, Produk inovatif: dilahirkan mahasiswa selama proses pembelajaran hingga tugas akhir, oleh dosen selama kampus beroperasi, dan oleh alumni ketika berkarya di lapangan/dunia nyata..-(sol’s)-.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed