by

Diskusi Implementasi Kampus Merdeka

APTIKOMNews, Jakarta, 3/03. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aptikom tahun 2020 pada hari kedua Minggu, 1 Maret 2020 di Hotel Makara UI di isi dengan Diskusi Implementasi Kampus Merdeka. Rapat di pimpin oleh Wakil Direktur Eksekutif APTIKOM Dr. Prihandoko, MIT. dan di hadiri oleh Sekjen APTIKOM Prof. Achmad Benny Mutiara, Ketua Umum APTIKOM Prof. Zainal Arifin Hasibuan serta peserta, baik dari DPP Aptikom maupun Ketua dan Pengurus APTIKOM Provinsi dari seluruh Indonesia.

Mengemuka pada acara diskusi, sebelum mengimplementasikan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, maka terlebih dahulu harus melakukan Peninjauan terhadap Kurikulum, Kebijakan perguruan tinggi untuk menetapkan porsi matakuliah wajib. Pengalaman Prodi Ilmu Komputer UI yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fasilkom UI Prof.Achmad Nizar, mereduksi mata kuliah wajib hingga 50 persen.

Perlu juga melakukan Penyusunan SOP magang industri dengan dukungan dari MOOC, Penyusunan SOP untuk penelitian. Kebijakan masing-masing PT untuk menerima dan mengirimkan student exchange, Magang: Topik yang akan dikerjakan.

Kepala Bidang PJJ dan MOOC APTIKOM Dr. Kusrini mengemukakan bahwa MOOC dapat menjadi jawaban: Materi pendampingan magang dan Student Exchange.

Masalah Implementasi Kampus Merdeka antara lain, banyaknya mahasiswa memberikan tantangan untuk memberikan tempat magang, ada provinsi yang belum siap untuk implementasi kampus merdeka karena dikhawatirkan mahasiswa tidak akan kembali ke kampus, masalah budaya, tugas akhir digantikan dengan salah satu kegiatan di tiga semester pilihan mahasiswa dan lain-lain.

Terdapat pilihan kegiatan mahasiswa di luar kampus antara lain Magang Industri meliputi Kerjasama Industri (Bidang Kerjasama) atau Support by MOOC; Student Exchange meliputi On site di PT lain atau dapat melalui MOOC; Proyek di Desa; Mengajar di Sekolah; Penelitian; Mahasiswa Wirausaha; Project Independence; Proyek Kemanusiaan dan Kuliah seperti biasa (jika mahasiswa menghendaki). Kekhasan daerah, menjadi pilihan bagi mahasiswa, Perlu center of excellence untuk menjadi salah satu pilihan mahasiswa.

Aptikom akan membuat tim kecil untuk mendukung implementasi kampus merdeka serta akan dibuat panduan singkat implementasi kampus merdeka. –(sol’s)-

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed