by

Webinar APTIKOM Bali Penguatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer di Era Pandemi COVID-19

Denpasar – Selama empat hari berturut-turut yakni dari tanggal 2 Juni sampai tanggal 5 Juni 2020, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Provinsi Bali telah menyelenggarakan webinar bertajuk “Penguatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer di Era Pandemi COVID-19”. Webinar yang diselenggarakan dalam 2 sesi setiap harinya tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bernaung di bawah organisasi APTIKOM Bali. Berdasarkan data pendaftaran, meskipun diselenggarakan oleh APTIKOM Bali, peserta yang mengikuti webinar ini berasal dari 21 lokasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Ketua APTIKOM Bali Shofwan Hanif, S.Kom., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk berbagi ilmu dan pengalaman khususnya dalam penguatan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer di tengah era pandemi COVID-19. Narasumber yang dihadirkan berasal dari berbagai bidang ilmu dan memiliki beragam pengalaman sesuai dengan fokus yang mereka geluti. Setiap harinya, webinar ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi I diselenggarakan pada pukul 09.00-10.00 WITA, sedangkan sesi II dilanjutkan pada pukul 13.00-14.00 WITA.

Webinar pada hari pertama (2/6) di sesi I, menghadirkan tiga narasumber, yakni Shofwan Hanief, S.Kom., M.T., (ITB STIKOM Bali), I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan, S.Kom., M.Cs. (Universitas Udayana), dan I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. (ITB STIKOM Bali). Topik yang dibahas mengenai “LFH (Learning From Home) dan Strategi Merancang pembelajaran Digital Menyongsong Era New Normal”. Melalui topik ini, ketiga narasumber memberikan wawasan kepada para peserta mengenai bagaimana merancang strategi pembelajaran digital yang mampu meningkatkan pemahaman sekaligus menumbuhkan kreatifitas mahasiswa di tengah kondisi LFH. Bayu Atmaja dalam salah satu materinya membahas mengenai penggunaan aplikasi pendukung LFH berupa Learning Management System (LMS) seperti Moodle dan Google Classroom yang digunakan untuk mengelola kelas digital sehingga para dosen dan mahasiswa tetap mampu menjalankan aktivitas perkuliahan selayaknya perkuliahan pada kelas konvensional. Webinar di sesi II membahas mengenai topik “Pengenalan Warisan Budaya Bali dengan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality” yang dipaparkan oleh Gede Saindra Santyadiputra, S.T., M.Cs. (Universitas Pendidikan Ganesha). Melalui topik ini disajikan cara-cara alternatif yang dapat digunakan untuk melestarikan warisan budaya Bali melalui sentuhan teknologi berupa aplikasi Virtual Reality dan Augmented Reality.

“Indonesia Berperang Melawan Kejahatan IT” merupakan topik webinar pada hari kedua (3/6) di sesi I. Narasumber yang dihadirkan yakni I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom. (STMIK STIKOM Indonesia), Aulia Iefan Datya, S.T., M.T. (Universitas Dhyana Pura), dan Christian Tonyjanto, S.Kom., M.Pd. (Universitas Dhyana Pura). Ketiga narasumber menekankan pentingnya memahami dan mewaspadai kejahatan internet (cyber crime) di Indonesia yang semakin hari trennya semakin meningkat. Sudiarsa menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan dan memberikan perlindungan hukum baik dalam bentuk transaksi elektronik maupun informasi kita perlu memahami regulasi-regulasi yang digunakan untuk melawan kejahatan digital, seperti UU ITE. Topik menarik selanjutnya yang dibahas pada webinar sesi II adalah “Teknologi Web E-Commerce dan Dampaknya di Tengah Pandemi COVID-19”. Narasumber yang dihadirkan adalah Ida Bagus Made Mahendra, S.Kom., M.Kom. (Universitas Udayana) dan Made Agung Raharja, S.E., Ak., S.Si., M.Cs. (Universitas Udayana). Kedua narasumber membahas mengenai peluang-peluang yang dapat diraih sekaligus tantangan yang dihadapi ketika berbisnis melalui teknologi e-commerce maupun e-marketplace di masa pandemi ini.

Webinar pada hari ketiga (4/6) di sesi I menghadirkan I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T. (STMIK Primakara) dengan topik “Risk Assessment Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Juliharta membahas mengenai bagaimana cara mengukur risiko yang mungkin dihadapi ketika TIK digunakan pada suatu organisasi atau instansi, sehingga tindakan mitigasi yang tepat bisa disiapkan. Webinar di sesi II membahas mengenai topik “The Quality Tourism Destination Model from Stakeholder Perspective” yang disajikan oleh Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., M.M.A., M.A. (Rektor Universitas Dhyana Pura). Beliau memaparkan mengenai suatu model yang menentukan seberapa berkualitasnya pariwisata dan wisatawan yang datang ke Bali. Beliau juga memaparkan mengenai virtual tourism dengan menggunakan teknologi VR yang dapat digunakan sebagai salah satu strategi agar pariwisata Bali bisa pulih kembali pasca pandemi COVID-19.

Webinar pada hari terakhir (5/6) menghadirkan dua narasumber, yakni I Made Agus Setiawan, S.Kom., M.T. (Universitas Udayana) dan I Komang Angga Maha Putra, S.Ds., M.Sn., ACA. (Sekolah Tinggi Desain Bali). Narasumber pertama memperkenalkan mengenai Kubernetes yang merupakan sistem open-source yang digunakan dalam tahap deployment suatu aplikasi dengan menggunakan konsep container. Narasumber kedua membahas mengenai pentingnya digital branding yang berpengaruh pada brand awareness sehingga bisa berdampak pada loyalitas konsumen terhadap suatu produk.

Rangkaian webinar ditutup oleh Ketua APTIKOM Bali dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh panitia dan partisipasi seluruh peserta dari hari pertama hingga hari terakhir yang tetap antusias mengikuti seluruh sesi materi yang disajikan oleh setiap narasumber. Beliau juga menyampaikan bahwa rangkaian webinar APTIKOM Bali akan berlanjut kembali di waktu mendatang sehingga dapat berkontribusi dalam memperkaya pengetahuan dan wawasan masyarakat luas. Untuk mengetahui lebih detail seperti apa materi-materi yang disajikan pada webinar, seluruh materi webinar dapat diakses kembali melalui link https://s.id/webinaraptikom2020. (-GF/DI-)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed