by

International Joint Webinar Series: Delivering Education Online – International Best Practices

APTIKOMNEWS, Jakarta, 10/07, APTIKOM untuk pertama kalinya menggelar International Joint Webinar Series pada Sabtu, 04 Juli 2020. International Webinar ini merupakan salah satu poin dari rangkaian kerjasama kolaborasi U to U Indonesia-India. Dengan mengusung tema “Delivering Education Online – International Best Practices”, International Webinar ini memberikan informasi dan kondisi Pendidikan di era New Normal pandemic COVID-19. Dalam webinar internasional ini hadir sebagai narasumber Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Prof. Ucok) dan Prof. Vikram A G (Acharya Intitutes Bangalore, India) serta dimoderatori oleh Ravi Makhija (Director of TIE UPS International). Kolaborasi ini cukup menarik perhatian mengingat kedua narasumber merupakan orang yang memang memiliki peran di dunia pendidikan pada masing-masing negara dan tentunya memberikan gambaran tentang penerapan pendidikan secara daring (dalam jaringan) dari kedua negara yaitu Indonesia dan India.

Prov Vikram memaparkan materi tentang penerapan Pendidikan secara online, dimana beliau menjelaskan tentang hal menarik pembelajaran onlie, model pendidikan online, profil siswa/mahasiswa, perbedaan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran daring (online) dan gambaran pendidikan online di India. “Pendidik harus dapat memberikan gambaran yang menarik tentang pendidikan online bagi siswa/mahasiswa”, ujar Prof. Vikram. Beliau juga menambahkan bahwa peran pendidik akan menjadi awal yang penting agar pendidikan online dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dalam perbedaan yang paling utama dalam pendidikan konvensional dan daring adalah pada pendidikan konvensional mengggunakan pendekatan pada transfer pengetahuan sedangkan pada pendidikan online berfokus pada penemuan dan konstruksi pengetahuan itu sendiri. Dalam hal key metric juga megalami perbedaan yaitu penilaian (pendidikan konvensional) sedangkan pada pendidikan daring adalah dampak terhadap peningkatan kemampuan pengetahuan.

Materi yang kedua disajikan dengan baik oleh Prof. Ucok, beliau memberikan gambaran pendidikan daring di Indonesia mulai dari motivasi, respon terhadap perubahan, status pendidikan online saat ini, dan gambaran tentang pengembangan dan arah kedepat pendidikan online. “mau tidak mau, suka tidak suka pendidikan harus selalu bergerak maju mengikuti perkembangan dan perubahan zaman”, jelas Prof Ucok. Beliau menyajikan perkembangan mulai dari industry 1.0 sampai 5.0 dimana beliau mengingatkan bahwa zaman akan terus berubah dan saat ini sudah memasuki tahap “Super Smart Society” atau masyarakat yang super pintar. Beliau juga mengaitkan hal ini dengan aktivitas masyarakat yang sudah terarah pada aktivitas secara online. Tidak lupa beliau menjelaskan hal yang menjadi titik perubahan ini karena adanya guncangan diseluruh dunia yang disebabkan oleh COVID19, tentu hal ini juga berpengaruh kepada dunia pendidikan. Menguti pernyataan Charles Darwin bahwa “Bukan yang terkuat yang dapat bertahan, bukan yang paling pintar melainkan yang paling responsive terhadap perubahan”, kutipnya. Seperti halnya Prof Vikram, Prof Ucok juga memberikan gambaran tentang keunggulan pendidikan secara online dibandingkan dengan pendidikan konvensional, dimana pendidikan online mengusung konsep “Learning Anytime, Anywhere, Anyhow”, jelas Prof Ucok. Sebagai penutup Prof Ucok memberikan tiga kesimpulan yaitu (1) penyampaian pendidikan online memerlukan tindakan terkoordinasi baik dari Pemerintah, Bisnis, Akademisi, dan Komunitas, (2) Pendidikan online tidak membatalkan pendidikan tradisional, tetapi justru memberdayakannya, (3) Pengembangan kapasitas manusia yang berkelanjutan adalah suatu keharusan dengan mengintegrasikan pedagogi dan teknologi.

Materi dapat diunduh pada link berikut: https://bit.ly/2ZgzW9D

Atusiasme peserta cukup tinggi hingga diakhir kegiatan banyak pertanyaan yang masuk dan dijawab dengan baik oleh narasumber. “Terimakasih atas partisipasinya dalam International Joint APTIKOM Webinar Series”, tutup Ravi Makhija. selaku moderator International Joint Webinar SERIES. (-HBA-)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed