by

WEBINAR SERIES #1: Data Science dan Big Data Dalam Kehidupan Nyata

Jakarta, 20/05, APTIKOM sukses menggelar “APTIKOM WEBINAR SERIES #1” pada tanggal 19 Mei 2020 secara DARING LIVE Streaming. Seminar WEBINAR ini diikuti oleh lebih dari 2000 peserta dari berbagai kalangan baik dari masyarakat umum, pendidik, mahasiswa, industri hingga professional. Dengan mengusung tema “Data Science and Its Role For A Better Life”, Webinar ini dihadiri sebagai narasumber yaitu Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D dan Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara.

Materi pertama dipaparkan oleh Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D. yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APTIKOM. Dengan tema “Data Science, Big Data, and Artificial Intelligence: Concept, Context, and Applications”, profesor yang kerap disapa Prof. Ucok ini dengan lugas memaparkan tren konsep, konteks dan implementasi data science, big data dan artificial intelligence. “Dengan mengibaratkan adanya COVID19 ini, membuktikan bahwa kita semua saling terhubung satu dengan yang lainnya”, imbuhnya. Begitu juga dengan teknologi yang mana dapat membuat manusia saling terhubung dan berubah. Beliau menjelaskan bahwa ada 8 teknologi yang dapat membuat manusia berubah dan saling terhubung yaitu Artificial Intelligence, Blockchain, Internet of Things, Drone, 3D Printing, Virtual Reality, Robotic, dan Augmented Reality. “ini adalah teknologi-teknologi yang tidak bisa kita pungkiri hadir dihadapan kita yang memaksa kita untuk berubah, bagaimana peran kita? akan menjadi follower atau leader?”, pungkas prof ucok. Dengan melihat dari jumlah penduduk, kebiasaan dan ekonomi, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam menerapkan data science. “kita semua harus bisa mengambil peluang tentang hal ini, jangan sampai bangsa asing yang akan mengambil peluang ini lebih dulu”, tambahnya. Dalam kesempatan ini beliau juga menjelaskan berbagai metode, teknik dan tools algoritma dalam penerapan data science, big data, dan artificial intelligence, mulai dari klasifikasi, identifikasi, prediksi hingga preskripsi. Masing-masing hal itu memiliki kepentingan sendiri dalam menyelesaikan berbagai macam masalahnya. “Hal terpenting adalah bagaimana kita mengumpulkan data secara berkelanjutan dan membuatnya growing”, tutup Prof Ucok.

Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jendral APTIKOM atau yang kerap disapa Prof Aben ini juga tidak kalah menarik dalam memaparkan materinya. Prof Aben memaparkan materi dengan tema “Penerapan Data Science Dalam Kehidupan Nyata”. Pada webinar ini Prof Aben menyampaikan definisi data science, evolusi saintifik dan metode sains data dan hubungannya dengan Big Data dan Artificial Intelligence. Beliau menjelaskan bahwa ada beberapa hal dalam memanfaatkan data science mulai dari sensor dan jaringan sensor, database, data mining, machine learning, data visualization hingga cluster/grid computing. Selain hal-hal itu Prof Aben memaparkan inti dari penerapan data science dalam kehidupan nyata, mulai dari penerapan dibidang kehidupan, penerapan data pada penelitian COVID19 hingga model penerapan data science dalam sistem penjamin mutu program studi. Beliau mencontohkan dalam bidang kehidupan penerapan data science dapat digunakan diberbagai bidang, yaitu e-commerce (indetifying consumer, recommending products, analyzing review), manufacturing (predicting potential problem, monitoring system, automating manufacturing units, maintenance scheduling, anomaly detection), Banking (fraud detection, credit risk modeling, customer lifetime value), healthcare (medical image analysis, drug discovery, bioinformatics, virtual assistants), Transport (self driving cars, enhanced driving experience, car monitoring system, enhancing the safety of passengers), Finance (customer segmentation, strategic decision making, algorithmic trading, risk analytics). Dalam penelitian pandemic COVID19, penerapan data science dapat dilakukan seperti logistic model for Indonesia COVID19, CNN Model on COVID19 Image, dan berbagai hal penelitian yang berhubungan dengan COVID19. Contoh penerapan data science dan big data dalam sistem penjaminan mutu program studi perguruan tinggi, yaitu proses implementasi SPMI, proses pengembangan otomatisasi akreditasi Lembaga Akreditasi. “Diharapkan dengan penerapan di bidang sistem penjaminan mutu ini adalah perguruan tinggi tidak perlu lagi membuat borang semua data yang digunakan akan mengacu pada pangkalan data pusat”, jelas Prof Aben.

Materi dapat diunduh pada link berikut: https://bit.ly/webinaraptikom

WEBINAR Series #1 ini ditutup setelah narasumber menjawab pertanyaan peserta. Antusiasme peserta cukup tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber. “Terimakasih atas partisipasinya dalam APTIKOM WEBINAR SERIES #1”, tutup Solikin, S.Si.,MT. selaku Leader/Manager Tim Webinar yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif APTIKOM Pusat.(-HBA-)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed