by

Agile Organization APTIKOM

APTIKOMNews, Jakarta, 8/05 Tangkas, lincah dan gesit dalam menghadapi perubahan, itulah tantangan organisai era kini dan ke depan, dalam kontkes manajemen proyek yaitu Agile Project Management adalah metodologi manajemen proyek yang mempunyai adaptabilitas tinggi terhadap perubahan yang terjadi pada setiap elemen-elemennya. Delivery selalu dilakukan tiap 1-4 minggu sampai proyek tersebut selesai, Proses ini disebut iterasi (iteration) atau sprint.
Seperti itulah kira-kira harapan Ketua Umum APTIKOM Prof.Zainal A.Hasibuan terhadap APTIKOM yang disampaikan pada acara Silatnas (silaturaahmi nasional) Ketua Umum dan Sekjen APTIKOM dengan para Ketua APTIKOM Provinsi seluruh Indonesia (01/5) yang lalu. Ketika itu Bang Ucok, sapaan akrab beliau, menyampaikan konsep tentang Agile University.
Sebagai sebuah organisasi besar APTIKOM dalam menghadapi situasi dan kondisi ditengah Pandemi COVID-19 saat ini dalam rangka mendukung pendidikan di Indonesia, APTIKOM harus segera mengambil langkah bagi terwujudkan Agile Organization APTIKOM.
Sesuai arahan dan harapan Ketua Umum APTIKOM, Tim Direktur Eksekutif (DE) APTIKOM Pusat dalam rangka menjabarkan dan merumuskan Agile Organization, pada tanggal 08 Mei 2020 ditengah masa stay at home melaksanakan Rapat Kerja Tim Direktur Eksekutif (DE). Dengan mengusung tema “SilatDEyess (Silaturahmi Tim DE Yess)” secara virtual melalui media video conference dengan Aplikasi ZOOM. Rapat kerja dihadiri oleh Solikin, S.Si, MT. Selaku Direktur Eksekutif, Wakil Direktur Eksekutif Dr. Prihandoko, MIT., Koordinator Bagian Data dan Informasi, Mubarik Ahmad, M. Kom beserta angggota Verry Riyanto, M. Kom, Bagian Sekretariat Dr. Rina Refianti, S. Kom, MMSI. Dan Ismiyati, S.ST., Koordinator Bagian Pengembangan IT Hanny Hikmayanti Handayani, S. Kom, M. Kom beserta anggota Dr. Nurul Hidayat, SPT, M.Kom., Bambang Eka Purnama, M. Kom., Abdul Hamid, M. Kom., Herlambang Brawijaya, M. Kom., Jamaludin Indra, M. Kom., Koordinator Audit Kinerja Dra. Susi Daryanti, M.Sc., Koordinator Bagian Legalitas dan Organisasi Dr. Chandra Lukita, MM. beserta anggota Dr. Asep Sholahudin, MT., Dr. Johny Soetikno, S.E., M.M. dan Dr. Ratna Wardani, S.Si, MT.
Rapat kerja dimulai dengan menyanyikan lagu “Mars APTIKOM” yang dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif Solikin, S.Si, MT. dan kemudian dibuka oleh moderator yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif Dr. Prihandoko, MIT. Agenda Rapat Kerja Tim Direktur Eksekutif (DE) yaitu paparan VMT (Visi Misi dan Tujuan) dari Direktur Eksekutif Solikin, MT., paparan progress dan program kerja dari masing-masing Bagian yang ada didalam Tim Direktur Eksekutif (DE) APTIKOM serta diskusi berupa evaluasi dan masukan dari dan untuk semua anggota Tim Direktur Eksekutif (DE).
Pada kesempatan tersebut Dir.Eksekutif APTIKOM kang Solikin, menyampaikan Visi DE yaitu “Mewujudkan pengelolaan data & informasi, pengembangan IT, audit kinerja organisasi, penentuan aspek legalitas & organisasi serta sistem kesekretariatan organisasi dan mempertanggung jawabkan kepada Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) APTIKOM yang efektif dan Efisien”.
Selain itu juga di paparkan tentang rencana kerja dari Bagian Data dan Informasi yaitu Pengumpulan Data seperti dokumen, video, dan lain sebagainya di cloud (google drive, youtube) dan Pengarsipan Data APTIKOM yang akan di share melalui saluran-saluran media yang dimiliki seperti Web APTIKOM http://aptikom.or.id/web/, Instagram https://www.instagram.com/aptikompusat/, Facebook https://www.facebook.com/aptikompusat, Youtube Channel https://www.youtube.com/channel/UCGREVutOnGA1VaLcIawFlBA.
Paparan dan laporan Program Bagian Pengembangan IT pada tahun 2019 dan tahun 2020 yaitu Launching Apk My Aptikom, Update Web Admin My Aptikom ; Penambahan sub Menu Master : News dan Headline, Perbaikan Bug ada beberapa versi OS pada saat login langsung close, Update Web Admin My Aptikom ; Penambahan sub Menu Master wilayah, Master Institusi, Update News (Auto Notification), Registrasi Anggota ( auto Create No anggota / Manual No anggota, Manage Pengurus (link to No Anggota), Migrasi app Android (domain), database, aplikasi dan cron job, Penambahan Content Dokumen dan Content Artikel di Apk My Aptikom, Update Website Aptikom, Kerjasama dengan Bid. Jurnal, Membuatkan Sub Domain, Kerjasama dengan Bid. e-Learning, Instalasi OJS dan e-Learning, Membuatkan Sub Domain ICIC.
Sedangkan pada tahun 2020 ini, bagian pengembangan IT memiliki program Pengembangan Sistem Informasi Aptikom dan Pengembangan Aplikasi My Aptikom seperti Upgrade Database Keanggotaan Aptikom, Menambah Fitur e-Book, Menambah Fitur e-Dokumen Pusat, Pembuatan Sistem Pendaftaran Keanggotaan Aptikom, Akses ke Sistem Informasi untuk Pengurus Provinsi ( Setiap Provinsi akan mendapat 3 akun pengurus) yaitu (1) Informasi Keanggotaan (Data PT, Prodi, Dosen), (2) Informasi Pembayaran Iuran Keanggotaan dan (3) Informasi Template Standar Berkas dan Dokumen Aptikom.
Rapat kerja diakhiri oleh moderator dengan harapan seluruh program kerja yang telah direncanakan Tim Direktur Eksekutif dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. (-SOL, HBA-)
Jalanya Rapat dapat di simak di laman

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed